Feri Irawan, S.Pd.I : Selamat datang di blog ini. Silahkan browsing dan jangan lupa tinggalkan komentar sobat.

Jumat, 18 April 2014

Seminar Proposal


Saya jadi ingin bercerita mengenai pengalaman dulu ketika saya melaksanakan ujian seminar proposal.


Apa sih Seminar Proposal itu?
Well, bagi mahasiswa tingkat akhir di kampus kami yang akan menyusun skripsi atau tugas akhir pasti akan disuguhi mata kuliah dengan bobot 4 SKS ini. Seminar proposal sendiri adalah sebuah mata kuliah dimana kita harus mengajukan judul skripsi sebanyak 3 buah tentunya dengan berbagai macam literatur, kemudian salah satu judul akan dipilih oleh Ketua Jurusan. Setelah terpilih satu buah judul maka langkah selanjutnya adalah membuat proposal penelitian. Dalam membuat proposal penelitian ini, kita dibimbing oleh dosen pembimbing yang bersangkutan. Masing-masing mahasiswa tentunya ada yang mendapatkan dua orang dosen pembimbing, yaitu dosen pembimbing utama dan dosen pembimbing pendamping.
Menulis tentang ini, membawa saya harus mengingat kejadian beberapa bulan silam, saat itu saya tidak tau apa-apa mengenai bagaimana langkah-langkah mengajukan judul, atau bagaimana cara mendapatkan judul, dsb. Yang saya tau saat itu adalah saya ingin mengambil judul skripsi mengenai penelitian deskriptif kuantitatif, setidaknya dengan begitu saya tidak perlu susah-susah untuk mengajar di kelas. Ketika itu saya semangat sekali untuk mengambil judul, yaitu:
1.  Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar PAI Di Semester Ganjil Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Ketapang Tahun Pelajaran 2013/2014;
2. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar PAI Di Semester Ganjil Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Ketapang Tahun Pelajaran 2013/2014;
3. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar PAI Di Semester Ganjil Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Ketapang Tahun Pelajaran 2013/2014
Saya berusaha keras mencari referensinya. Setelah semuanya selesai, dengan pedenya pada tanggal 14 Agustus 2013 lalu, saya mengajukan 3 judul tersebut, dan pada tanggal 4 September 2013, judul yang disetujui oleh pihak kampus adalah Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar PAI Di Semester Ganjil Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Ketapang Tahun Pelajaran 2013/2014, setelah pengajuan judul disetujui kami langsung memperoleh pembimbing proposal. Selama bimbingan ini saya jalani dengan sungguh-sungguh, saya melakukan dua kali bimbingan saat itu tepatnya pada tanggal 17 September dan 19 September 2013. Tapi meskipun demikian selalu ada ketakutan bagi saya, takut akan ujian seminar proposal, takut ditanya ini itu, dsb. Tapi setelah hari itu datang, tepatnya pada tanggal 5 Oktober 2013 proposal saya ternyata tidak dibaca seluruhnya oleh penguji, beliau hanya menanyakan alasan saya memilih judul, latar belakang, kemudian merevisi rumusan masalah beserta hipotesisis yang saya ajukan. Sudah itu saja. Oh ya AllAh, padahal untuk ujian ini begitu banyak yang saya persiapkan. Ketakutan, kekhawatiran, dan kecemasan itu seketika hilang. Alhamdulillah Allah selalu memberi kelancaran dan kemudahan pada saya. Ini juga berkat do’a dari orang-orang terdekat saya. Melewati masa itu, bukan berarti akhir dari perjalanan perkuliahan saya, nyatanya setelah itu banyak yang harus saya lewati dimulai dari penelitian, menyusun skrispsi, dan ujian sidang skripsi. Lain kali jika saya memliki kesempatan, saya ingin menulis catatan kecil mengenai bagaimana saya melewati PPL dan KKLT Di Desa Riam Berasap Jaya, banyak pelajaran hidup yang saya dapatkan dari sana.



2 komentar: